Open Turnamen Paralympic se-Kaltim, Firnadi Ikhsan Berharap Hadirkan Semangat dan Lahirkan Atlet Berprestasi

img

Open turname Paralympic se Kaltim yang digelar di Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUTAI KARTANEGARA- Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara bekerjasama dengan NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Kutai Kartanegara menggelar Open Turnamen Paralympic se Kaltim, yang digelar mulai 22-24 Juli 2023, di gedung Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Kejuaraan Paralympic tersebut melombakan 3 Cabang Olahraga (Cabor) yakni cabor Atletik, cabor Renang, dan cabor bola voli duduk. Kejuaraan se-Kaltim tersebut diikuti total 126 peserta.

Anggota DPRD Kukar Firnandi Ikhsan turut hadir menyaksikan kejuaraan tersebut, merasa ikut bangga.

Firnandi mengungkapkan bahwa proses penganggaran kegiatan ini awalnya memang dari pertemuan dirinya dengan pengurus NPCI Kukar dan mereka ada keinginan kuat untuk mengadakan event  tersebut. Dan pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar mendukung penuh kegiatan ini,

"Ini adalah bentuk dukungan kita pada turnamen Paralympic di Kukar khususnya dan Kaltim umum nya. Harapan kita dari kegiatan ini hadir semangat dari seluruh atlet dan melahirkan prestasi." kata Firnandi Senin (24/7/23).

Dikatakan Firnandi, bahwa selama ini atlet paralympic Kukar jumlahnya  sedikit. Untuk itu pemerintah harus terus mendukung dan memberikan ruang mereka untuk tumbuh dan berprestasi,

"Kami dari DPRD dan OPD Dispora berkomitmen untuk menghadirkan event ini setiap tahun.  Serta mendukung kegiatan kegiatan mereka untuk mengikuti event yang lebih tinggi." jelasnya.

Sementara Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengatakan bahwa tahun ini Dispora Kukar melaksanakan kegiatan  Open Turnamen Paralympic.  

"Kenapa Open Paralympic Kaltim digelar, karena dari jumlah kejuaraan khusus Kukar juga sedikit. Kemudian juga untuk level Kaltim jarang dilaksanakan. Makanya kami ambil alih, kita kerjasama dengan NPC Provinsi Kaltim. Dan Kukar direkomendasikan untuk melaksanakan Open Turnamen se-Kaltim." ujar Ali.

Ada tiga cabor dalam turnamen ini yaitu cabor atletik, renang, dan bola voli duduk. Untuk di kelas atletik itu ada lomba lari 200 meter, 400 meter. Kemudian ada lempar cakram, tolak peluru, serta lempar lembing. 

Jadi cukup lumayan lomba yang dilaksanakan untuk tahun ini dan seluruh kabupaten/kota Kaltim ikut berpartisipasi seperti Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Kutai Barat, Kutai Timur dan Kukar. Untuk atlet dari Kukar ada kurang lebih 36 orang.

"Pada turnamen ini targetnya yang pasti atlet Kukar meraih prestasi yang terbaik. Harapan kita sebagai tuan rumah terutama sebagai ajang mencari prestasi kawan kawan disabilitas yang selama ini berlatih terus setiap hari. Dan ini bagian pengalaman kita untuk melaksanakan kedepan kedepannya untuk event yang lebih besar lagi." tutupnya.(pk)