Opersi Zebra Kukar Resmi di Gelar Mulai 1 sampai 14 November 2017

img

TENGGARONG, Polres Kutai Kartanegara melakukan gelar pasukan untuk mempersiapkan petugas dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2017 yang dimulai hari Rabu (01/11/2017) sampai 14 hari kedepan. Operasi dimulai dengan apel gelar pasukan halaman Mako Polres Kukar dengan diikuti instansi terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan, PMI, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam Upacara itu dipimpin langsung oleh Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas. Secara simbolik WaKapolres melakukan pemasangan pita kepada perwakilan peserta upacara sebagai tanda dimulainya Operasi Zebra Mahakam 2017. 

"Pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2017 kali ini, pelanggaran yang menjadi sasaran fokus pada satu target yakni pelanggaran kasat mata seperti kendaraan yang melawan arus, Lampu rotator atau strobol dan juga untuk penggunaan TNKB atau Plat Nopol Sesuai Spektek/Cetakan Polri." Ujar Kasat Lantas Polres Kukar AKP Ramadhanil, Kepada media 

Tidak hanya itu khusus untuk Polres Kukar akan menambah target kasat mata seperti pengguna Helm yang tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) ataupun tidak menggunakan Helm. Selanjutnya juga akan melakukan tindakan terhadap kendaraan yang over load yakni pelanggaran muatan dan juga pelanggaran perlengkapan untuk segitiga pengaman. "Kenapa kita akan mengecek kesetiap kendaraan yang tidak menggunakan segitiga pengaman, karena selama ini hampir seluruh daerah di Kukar apabila kendaraan roda empat ke atas mengalami trouble atau kerusakan di Jalan rata-rata si pengendara hanya menggunakan tanda alakadarnya seperti Ranting-ranting pohon ataupun Ban." jelasnya.

Dengan adanya Operasi Zebra Mahakam 2017 ini masyarakat agar tertib berlalulintas sehingga minimal mengurangi angka kecelakaan patalitas terhadap korban kecelakaan lalulintas. "Kami berharap jadikan lah tertib berlalulintas itu sebagai suatu kebiasaan, kecelakaan itu bukanlah suatu musibah, kecelakaan biasa kita hindari dengan mentaati peraturan lalulintas. Dengan kita tertib berlalulintas insyaallah kita dapat terhindar kecelakaan lalulintas." katanya. dra/poskotakaltimnews.com