Dispar Berharap Gedung Kekraf Kukar Segera Rampung

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar berharap pembangunan gedung Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) bisa segera rampung. Pembangunan gedung Kekraf dilakukan sejak 2021 lalu, lokasi pembangunan tersebut di kawasan Central Bussines District (CBD) Kecamatan Tenggarong.

 

Tujuan dari pembangunan gedung tersebut ialah, untuk memberikan ruang atau wadah kepada para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf), agar bisa saling berkreasi, inovasi dan melakukan produksi untuk membangun ekonomi di Kukar.

 

Ada berbagai jenis pelaku Ekraf di Kukar diantaranya, pelaku seni pertunjukan hingga pelaku UMKM.

 

"Pembangunan gedung tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU), sementara Dispar Kukar hanya penerima manfaat saja," kata David Haka Kabid Ekraf Dispar Kukar pada Poskotakaltimnews, Minggu (11/2/2024)

 

Saat ini pembangunan gedung Kekraf masih menjadi kewenangan Dinas PU, apabila gedung tersebut telah rampung dibangun bisa saja asetnya diserahterimakan ke Dispar Kukar.

 

"Kalau sudah selesai dibangun terkait dengan status aset bisa diserahkan ke kami, tapi harus sudah clear urusannya," sebutnya.

 

Menurutnya, gedung Kekraf sangat dibutuhkan bagi pelaku Ekraf. Dengan adanya gedung tersebut mereka bisa saling berkolaborasi bahkan melakukan pembinaan.

 

Sementara Dispar melalui Kekraf Kukar terus melakukan pembentukan Kekraf Kecamatan. Sejauh ini sudah ada 12 Kekraf yang dibentuk dari 20 Kecamatan.

Pada 2024, pihaknya menargetkan 8 Kekraf Kecamatan akan dibentuk yakni Kekraf Kecamatan Muara Muntai, Muara Wis, Kenohan, Kota Bangun Darat, Tabang dan lainnya. (adv/riz)