Pemerintah Kelurahan Melayu Lakukan Pendataan Pedagang Pasar Tangga Arung

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Pemerintah Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong melakukan pendataan para pedagang yang berjualan di kawasan pasar Tangga Arung.

 

Pendataan para pedagang dibantu dengan Satpol PP dan Kodim 0906 Kukar, Kamis (22/2/2024).

 

Lurah Melayu Aditiya Rakhman mengatakan, pendataan tersebut bertujuan untuk mengakomodir para pedagang yang akan direlokasi ke pasar sementara di Lapangan Pemuda dan Pasar Mangkurawang. Hal itu dilakukan karena untuk mempermudah dan memperlancar proses lanjutan pembangunan Pasar Tangga Arung.

 

"Pendataan ini dengan cara mengumpulkan fotocopy KTP, foto usaha, dan nomor telpon. Sehingga dapat berkomunikasi dengan mereka secara efektif," kata Aditiya Rakhman pada awak media, Jum'at (23/2/2024).

 

Setelah melakukan pendataan, pihaknya memastikan tak ada lagi pedagang yang berjualan di kawasan pasar Tangga Arung, demi kelancaran bersama.

 

"Kami berharap dari pendataan ini, merupakan solusi agar pedagang dapat berjualan dengan aman dan nyaman di tempat yang telah ditetapkan," ucapnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Arfan Boma Pratama melalui Sekretris Disperindag Sayid Fathullah menyebutkan, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Melayu 139 pedagang basah yang akan direlokasi ke Pasar Mangkurawang. Sedangkan data pedagang pasar kering sekitar 358 yang akan direlokasi di Lapangan Pemuda.

 

"Untuk pedagang basah akan direlokasi ke Pasar Mangkurawang dan pedagang kering ke Lapangan Pemuda," sebutnya.

 

Terkait dengan relokasi tersebut, pihaknya akan melakukan rapat kembali dengan pihak terkait untuk mematangkan pelaksanaan relokasi pedagang pasar.

"Kami akan melakukan rapat lagi dengan Sekkab dan lainnya, intinya kami sudah siap 95 persen demi kelancaran proses lanjutan pembangunan Pasar Tangga Arung," ungkapnya. (riz)