Berharap Objek Wisata Pulau Kumala Kembali "Berjaya"

img

(Sugiarto, Plt Dinas Pariwisata Kukar /pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana melakukan perbaikan dan penambahan wahana di Pulau Kumala, Tenggarong, pada tahun 2024 ini.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sugiarto mengungkapkan, sebelumnya Dispar Kukar telah memasang ornamen lampu tematik di Jembatan Repo-Repo sebagai akses masuk ke Pulau Kumala.

“ Hal ini dilakukan untuk memperindah destinasi wisata daratan di tengah Sungai Mahakam.” kata Sugiarto, Sabtu (30/3/2024).

Ia juga mengatakan nantinya akan ada wahana yang akan diperbaiki seperti sepeda air serta Sky Tower. Dirinya menjelaskan untuk anggaran yang disiapkan guna perbaikan Sky Tower, pihak Dispar masih belum bisa merinci rinciannya. Lantaran Sky Tower tersebut harus dilakukan pengecekan oleh teknisi. 

“Rencananya akan ada wahana yang diperbaiki dan ada wahana baru yang dibangun. Di antaranya Waterboom dan perbaikan wahana Sky Tower,” ujar Sugiarto.

“ Untuk Sky tower baru dalam tahap pemeriksaan, apakah dapat diperbaiki. Dan Waterboom sedang dalam tahap pembangunan saat ini.” Sambungnya

Sugiarto mengatakan Wahana Sky Tower tersebut rencananya difungsikan kembali agar dapat menghidupkan kembali tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kukar. 

"Mesin Sky Tower ini akan kami cek dulu, masih bisa digunakan atau diperbaiki. Tentunya dengan mendatangkan teknisi dari luar. Ini yang kami usahakan bisa dilakukan tahun 2024," sebutnya.

Selain membenahi, memperbaiki dan membuat wahana baru, destinasi wisata Pulau Kumala juga akan dilengkapi dengan kamera CCTV. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung dan juga tempat wisata.

"Kami akan terus akan coba membenahi destinasi Pulau Kumala ini agar bisa kembali berjaya lagi seperti dulu.” Tutup Sugiarto (adv/*tan)