Pemdes Segihan Maksimalkan Pembangunan Infrastruktur

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Pemerintah Desa Segihan Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kukar saat ini terus berupaya dalam memaksimalkan memenuhi pelayanan dasar kepada masyarakat, terutama pembangunan infrastruktur.

 

Kepala Desa Segihan Hendra Wahyudi mengatakan, pada 2024 ini akan dilakukan pembangunan infrastruktur berupa peningkatan jalan yang menghubungkan antar desa. Peningkatan jalan itu sekitar 5 Km, yang didanai melalui APBD Kukar.

 

"Kita melakukan pembangunan konektivitas jalan antar desa yang menghubungkan Desa Segihan dan Desa Separi," kata Hendra Wahyudi pada Poskotakaltimnews, Rabu (15/5/2024)

 

Sementara jalan penghubung antar desa tersebut saat ini hanya sebagian saja yang sudah disemenisasi. Maka dari itu tahun ini akan dirampungkan.

 

"Tahun ini jalan penghubung itu akan kita rampungkan," ucapnya.

 

Menurutnya, dengan adanya pembangunan itu dapat memudahkan akses atau aktivitas masyarakat. Dan meminimalisir resiko kecelekaan akibat jalan yang kurang mulus.

 

"Pastinya pembangunan jalan dapat memudahkan akses, dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat," ungkapnya.

 

Adanya pembangunan infrastruktur di Desa Segihan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Masyarakat merasa senang dan bersyukur atas perhatian atau dukungan yang diberikan pemerintah.

 

"Respon masyarakat sangat senang jalannya diperbaiki," sebutnya.

 

Selain itu, pemerintah desa Segihan juga melakukan pembangunan infrastruktur lainnya pada sektor pertanian. Pembangunan tersebut meliputi irigasi, pompanisasi hingga memberikan bantuan sarana dan produksi (saprodi) pertanian.

 

Hal ini menjadi sangat penting, karena selama ini para petani wilayahnya hanya bergantung pada curah hujan. Sementara saluran irigasi yang ada belum optimal dan ini berpengaruh pada hasil produk pertanian. Dan persoalan ini menjadi kendala yang di hadapi para petani.

 

"Karena itu, kami juga tahun ini sedang melakukan pembangunan irigsi dan pompanisasi, sebagai pengairan untuk para petani," ujarnya.

 

Desa Segihan memiliki lahan potensi pertanian sekitar 155 hektare, dengan 6 kelompok tani. Pastinya pembangunan tersebut sangat membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi mereka.

 

Pihaknya komitmen dalam meningkatkan pelayanan dasar dibidang infrastruktur. Karena pelayanan dasar  khususnya infrastruktur menjadi fokus kerja pemerintah desa Segihan.

"Kami berharap upaya ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat, hingga mewujudkan masyarakat sejahtera," pungkasnya. (adv/riz)