Tekan Angka Pengangguran, Distransnaker Kukar Siap Fasilitasi Sejumlah Pelatihan

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Sebagai upaya menekan angka pengangguran, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar siap memfasilitasi sejumlah pelatihan pada 2024 ini.

 

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Distransnaker Kukar Lukman mengatakan, pelatihan tersebut diadakan sesuai dengan pangsa pasar atau lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Pelatihan tersebut diantaranya alat berat, konten kreator, design grafis, welder, otomotif hingga security.

 

"Pelatihan ini setiap tahun dilaksanakan, karena bagian dari merealisasikan program Kukar Siap Kerja," kata Lukman pada media, Kamis (25/4/2024).

 

Adapun tujuan dari program tersebut ialah, meningkatkan kompetensi atau kemampuan masyarakat pada suatu bidang tertentu, sehingga ketika melamar pekerjaan nantinya  sudah menguasai teknisnya.

 

"Kami terus berupaya meningkatkan kemampuan atau membekali ilmu kepada para oencari kerja. Nantinya ketika melamar pekerjaan dipastikan sudah menguasai ilmunya," sebutnya.

 

Dalam hal ini, pemerintah daerah komitmen terus melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Agar dapat mewujudkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing pada dunia kerja.

 

"SDM kita harus ditingkatkan, agar berkualitas dan mampu bersaing karena Kaltim menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN)," ucapnya.

Ia berharap, melalui peningkatan SDM tersebut angka kemiskinan di Kukar semakin menurun bahkan tak ada warga miskin. (adv/riz)