753 Siswa SD Migrasi Keluar Kukar

Admin 27 Nov 2019
img

Plt Kadisdikbud Kukar, Ikhsanuddin Noor

TENGGARONG- Siswa setingkat SD yang memilih pindah sekolah keluar Kukar, lumayan banyak tembus hingga 753 siswa. Masih ada sekolah yang minim murid di Kukar.

"Untuk tingkat SD yang keluar dari Kukar mencapai 753 siswa," ucap Plt Kadisdikbud Kukar, Ikhsanuddin Noor, Rabu(27/11/2019) sore, diruang kerjanya.

Ikhsan menjabarkan penyebab siswa banyak keluar Kukar, paling banyak siswa mengikuti orang tuanya yang keluar dari Kukar, karena tidak memiliki pekerjaan lagi di Kukar.

"Sejak sektor pertambangan menurun, banyak pengganguran imbas PHK dimana-mana, sehingga eks karyawan banyak mencari rijki keluar kukar, akhirnya anaknya juga mengikuti orang tuanya," jelasnya.

Mantan Sekretaris Dispenda Kukar ini menambahkan, banyak siswa yang keluar kukar, hanya pada kecamatan yang banyak pertambangannya, sedangkan yang banyak perkebunan kelapa sawit, masih normal saja.

Selain itu, menurut ikhsan, masih ada sekolah di Kukar yang masih minim siswanya, karena penduduk disekitar sekolahan juga tidak terlalu padat. Lokasi rumah penduduk dengan sekolah juga jauh bisa mencapai 20 Km.

"Sekolah di desa Tani Baru kecamatan Anggana, Kupang Baru kecamatan Muara Kaman, desa Sebelimbingan dan Tubuhan kecamatan Kota Bangun masih minim jumlah siswanya, tidak sampai 100 siswa per sekolah,"pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST