Bawaslu Awasi Bupati Kukar

Admin 28 Nov 2019
img

sosialisasi persiapan Pilkada kukar,

TENGGARONG- Bawaslu Kukar tidak tinggal diam terhadap pergerakan Bupati Kukar Edi Damansyah, yang digadang akan maju kembali di Pilkada 2020 mendatang. Komisioner Bawaslu kukar Ali Mukid memastikan, lembaga terus mengawasi Bupati aktif yang masih menjabat tersebut.

"Jangan dikira kami diam tak bersuara, kami tetap mengawasi Kepala Daerah yang ingin maju kembali di pilkada 23 September 2020 mendatang," jelas Ali Mukid, saat sosialisasi persiapan Pilkada kukar, yang bersamaan dengan pembukaan Komferensi HMI cabang kukar yang ke XXII, Kamis(28/11/2019) siang, di ruang Serba Guna Perpustakaan kukar.

Mukid memberikan alasan, kenapa Kepala Daerah yang masih aktif terus diawasi bawaslu, dikhawatirkan akan melakukan memamfaatkan kewenangannya untuk kepentingan politik, seperti penggiringan ASN dan penggunaan anggaran publik untuk kepentingan politik.

"Pemilu jujur itu bukan hanya money politik, akan tetapi memobilisasi ASN untuk mendukung dan pemakaian dana publik untuk kepentingan politik, itu juga bagian dari ketidakjujuran politik," sebutnya.

Selain mengawasi Bupati aktif, bawaslu juga akan tetap mengawasi ASN yang bermain politik mendukung salah satu calon secara terang-terangan diranah publik dan medsos.

"Ada saatnya nanti, akan kita panggil ASN aktif yang berpolitik, ini kami masih memantau terus di medsos," ujarnya.

Hal yang terberat dialami bawaslu, memantau petugas pengawas pemilu dilevel bawah, yang melakukan kecurangan dilapangan tanpa sepengatuan bawaslu kabupaten, silahkan masyarakat mengawasi dan melaporkan kepada bawaslu kabupaten, jika ditemukan petugas pengawas yang nakal.

"Kami juga harus mengawasi penyelenggara pemilu dilapangan, yang berpotensi melakukan transaksi politik dengan parpol pengusung calon kepala daerah yang bertanding di pilkada,"pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST