KPU Kukar Siap Hadapi Calon Perseorangan

img

TENGGARONG- KPU Kukar menyatakan siap menghadapi Cabup dan Cawabup Kukar yang ingin ikut Pilkada melalui jalur perseorangan atau independen. Penyerahan dukungan calon akan dibuka tanggal 19-23 Pebruari 2020 mendatang.

"KPU siap dengan skenario yang akan dilakukan, saat penyerahan dukungan calon perseorangan nanti," ujar Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nofand Surya G, Selasa(4/2/2020) siang, saat simulasi penyerahan calon perseorangan di kantor KPU Kukar.

Nofand menambahkan, simulasi tersebut sudah sesuai dengan PKPU nomor 16 dan 18 tahun 2019. Dan prosedur calon perseorangan dalam penyerahan dukungan tidak boleh bawa banyak pendukung masuk ke kantor KPU.

"Saat penyerahan dukungan kita batasi hanya sepuluh orang saja, termasuk cabup dan cawabup, LO serta pendukung lainnya," ujarnya.

Nofand menghimbau bagi calon perseorangan diharapkan penyerahan dukungan diawal waktu 19 Pebruari, karena akan ada proses verifikasi dan penyocokan dengan aplikasi silon perseorangan, jika ada lembar dukungan ada yang perlu diperbaiki, maka akan lebih mudah untuk diperbaiki masih ada waktu. Demi membantu verifikasi dukungan perseorangan, KPU dibantu pokja internal.

"Jika ada dukungan yang tidak ada tanda tangan, maka akan kita dis atau kita anggap TMS, jika ada yang harus diperbaiki, maka kita akan meminta harus diperbaiki," jelas.

Kepada pendukung perseorangan diharapkan Nofand untuk berbuat tenang selama penyerahan dukungan, jika membuat gadung, maka akan berhadapan dengan aparat penegak hukum.

"Kita sudah kerja sama dengan Polres Kukar dalam hal pengamanan," pungkasnya.

Sampai saat ini, calon yang rencananya akan maju melalui jalur perseorangan, baru satu pasangan, yaitu Mantan Sekda kukar Eddy Subandi sebagai Cabup, dan cawabupnya mantan Ketua KPU kukar Junaidi Syamsuddin.(and/poskotakaltimnews.com)