Tiga Pelaku Perampokan Toko Emas di Tenggarong Dibekuk Polisi

img

(Kapolres Kukar saat jumpa pers)


TENGGARONG, Tiga pelaku percobaan perampokan toko emas di Pasar Tangga Arung, yang terjadi pada Kamis (30/7/2020), saat ini berhasil diamankan di Polres Kukar. Sementara satu pelaku lagi, RZ yang merupakan otak aksi tersebut berhasil melarikan diri saat akan ditangkap.

Kapolres Kukar AKBP Andreas Susanto Nugroho mengatakan, pada saat kejadian  aksi perampokan tersebut, satu pelaku naik etalase Toko Emas, kemudian pemilik toko emas melihat dan berteriak. Pelaku sempat melakukan pengancaman dengan menggunakan senjata api dan pisau panjang. Namun karena warga cukup banyak, para pelaku kabur, namun satu pelaku berhasil diamankan warga.

“Satu pelaku berhasil diamankan warga saat kejadian itu, sementara tiga pelaku berhasil kabur dengan menggunakn mobil,” kata AKBP Andreas Susanto Nugroho saat jumpa pers, Jumat (31/7/2020) sore.

Kemudian Polres Kukar melakukan koordinasi dengan semua Polres di wilayah Kalimantan Timur, dan mendapati informasi bahwa para pelaku berada diwilayah Panajam Paser Utara (PPU), setelah melakukan koordinasi dengan Polres PPU, kemudian dilakukan pengejaran terhadap pelaku. Sempat terjadi kejar kejaran, hingga mobil pelaku alami lepas kendali. Dari tiga pelaku yang berada didalam mobil, dua pelaku berhasil diamankan, sementara satu pelaku yakni RZ berhasil kabur ke hutan.

“Hasil keterangan yang kita dapat, aksi percobaan perampokan sudah direncanakan. Tiga pelaku yang kita amankan masih status pelajar, sementara pelaku yang kabur ini otak aksi perampokan.  “kata Andreas Susanto Nugroho.

Atas perbuatan nya, pelaku di ancam pasal 365 KUHP junto pasal 53 KUHP dengan ancaman 12 tahun dan UU Darurat No 12/1951 dengan ancaman 10 tahun.(pk/Poskotakaltimnews.com)