Gubernur Kaltim Buka Lokakarya Keuangan Negara dan Ketahanan Pangan

img

TANA PASER, Lokakarya Keuangan Negara dan Ketahanan Pangan dengan tema Sinergitas Pemerintah Dearah dan Badan Usaha Milik Negara dalam mewujudkan ketahanan pangan di Hotel Jarta Balikpapan,dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.  Lokakarya berlangsung selama satu hari dengan menampilkan narasumber dari Kementerian Pertanian, PT Pupuk Kaltim, Perum Jamkrindo, dan peneliti dari SEAFAST Center IPB termasuk Auditor BPK RI, Kementerian Dalam Negeri.

Hadir dalam lokakarya khususnya dari Kabupaten Paser Inspektur Hairus Saleh, Kepala Dinas Pertanian drh Boy Susanto dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Ardiansyah. Dalam penegasannya Gubernur Awang Faroek pemerintah provinsi siap bersinergi dengan BUMN, juga mengajak pemerintah Kabupaten dan Kota untuk melakukan hal yang sama.termasuk BUMN. 

“Lahan-lahan tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat. Banyak lahan yang seharusnya bisa digunakan untuk kegiatan budidaya,” kata Awang Faroek.

Awang Faroek menyinggung bendungan Muara Lambakan dan irigasi Telake. Irigasi Telake ini kata Awang, adalah untuk mengaliri lahan seluas 21 ribu hektare di Paser dan Penajam Paser Utara. Awang mengatakan bahwa pipanisasi ini sudah hampir rampung.

Dalam kesempatan itu, Inspekrur Inspektorat Khairul mengatakan pemerintah Kabupaten Paser harus segera menindak lanjuti kebijakan pemerintah pusat dalam percepatan ketahanan pangan agar ada sinergitas Pemkab Paser dan BUMN.(nyom/taf-poskotakaltimnews.com)