Speedboat Express Bermuatan Sembako dan Sayur Karam di Kampung Mamahak Besar

img

Keterangan Foto : Speedboat Express bermuatan sembako dan sayur aram di perairan Sungai Mahakam, Kampung Mamahak Besar, Mahulu.(Foto : dok.Polsek Long Bagun)


MAHAKAM ULU – Sebuah Speedboat dengan nama lambung Exspress, yang dimotorisi oleh Johansyah  alias Caca (31),warga Tering Baru, Kubar, karam di perairan Sungai Mahakam, di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Lokasi karamnya speedboat itu dikawasan Kampung Mamahak Besar, Kecamatan Long Bagun, Mahulu, Sabtu (21/11/2020) sekitar pukul 16.30 Wita.

“Di Sungai Mahakam daerah Gunung Kelusan, Kampung Mamahak Ulu, Kecamatan Long Bagun,” jelas Kepala Polsek Long Bagun, Iptu Purwanto, dihubungi oleh Poskota Kaltim via seluler, malam tadi.

Menurutnya, speedboat tersebut tidak bermuatan penumpang orang. Hanya membawa sembako dan sayur-mayur.  Berawal pada saat speedboat Exspres berangkat dari Pelabuhan Tering, Kutai Barat, sekira pukul 13.00 Wita dengan tujuan Kecamatan Long Bagun, Mahulu.

“Membawa bahan makanan dan sembako, muatan penuh sampai disimpan di atap speedboat,” urai Kapolsek.

Kronologisnya, sesampai speedboat itu di daerah Gunung Kelusan, Mamahak Ulu, jalur Sungai Mahakam berbelok ke kanan. Karena muatan speedboat berat pada bagian atas, sehingga speedboat oleng ke sebelah kanan.

“Mengakibatkan air Sungai Mahakam masuk kedalam speedboat dari arah belakang sebelah kanan. Sehingga speedboat karam duduk.  Hanyut (Larut) akhirnya sangkut didaerah karangan (pulau batu kerikil),” beber Iptu Purwanto.

Ditambahkan Kapolsek, saat itu pula terdapat masyarakat sekitar yang melintas kemudian ikut membantu mengevakuasi speedboat Exspress.

“Muatan speedboat hanya membawa bahan sayuran dan sembako. Tidak ada membawa penumpang atau orang,” tukasnya.

Tidak ada korban jiwa. Speedboat berhasil ditarik ke tepi. Hingga berita ini diturunkan, Polsek Long Bagun masih melakukan penyelidikan terhadap insiden tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Petinggi Kampung Mamahak Besar, Bibing, membenarkan kejadian karamnya speedboat tersebut di Mamahak Ulu.

“Iya, info yang saya dapat, benar itu pak. Saya sekarang sedang ada urusan diluar kampung,” tulisnya dalam pesan singkat WhatApps.(wa/ran)