3M untuk Covid dan DBD

img

(Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)

SAMARINDA- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim  dr.Hj.Padilah Mante Runa  mengingatkan kepada  seluruh lapisan masyarakat ,  selain    mewaspadi   penularan Coronavirus disease (Covid-19)  yang masih  terjadi, masyarakat diminta tetap waspada dengan wabah lain yang mungkin mengancam seperti  penyakit  Demam Berdarah Dengue (DBD).

“ Kami  mengimbau kepada seluruh lapisan   masyarakat agar menjaga kesehatan di musim hujan saat ini. Salah satu yang harus diwaspadai  adalah penyakit DBD. Penyakit ini mudah dicegah dengan melaksanakan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  serta program 3M  yakni mengubur, menguras, menutup dan menaburkan bubuk pembasmi jentik (larvasida) atau abate,” kata Padilah Mante Runa kepada Poskotakaltimnews.com,  Senin (11/1/2021). 

Selain  melaksanakan pencegahan penularan Covid-19  melalui   protokol kesehatan  dengan penerapan 3M yaitu  memakai maskes, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan, pencegahan penularan DBD juga dilaksanakan  melalui program 3M.

“Sehingga melalui  protokol kesehatan kita bisa terhindar dari penularan Covid-19 yang sampai sekarang masih terjadi diwilayah Kaltim,  dan dengan 3M  kita juga mengantisipasi penularan DBD, dari kedua penu laran tersbeut juga dapat dihindari melalui  Germas,” tandasnya.

Melalui Germas, lanjut Padilah  tidak saja  mencegah penularan Covid-19 maupun penyakit DBD, tetapi juga penyakit lainnya seperti Stanting, oleh karena itu  Germas  harus bisa dilaksanakan  masyarakat.  Dengan kondisi seperti sekarang  itu, upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan mutlak  dilakukan masyarakat,

“ Kami mengajak seluruh masyarakat  Kaltim  untuk melaksanakan  Germas  yang bertujuan  menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan.  Marailah kita laksanakan Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,"  kata Padilah Mante Runa.(mar/poskotakaltimnews.com)