Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Elly Hartati: Perda Bantuan Hukum Penting Disosialisasikan

img

(Kegiatan Sosper Anggota DPRD Kaltim Elly Hartati Rasyid)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Elly Hartati Rasyid kembali mengadakan Sosialisasi dan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Kegiatan Sosper dilakukan di aula Rumah Makan Tepian Pandan Tenggarong, dengan diikuti puluhan  masyarakat dan RT se Tenggarong, Minggu (11/4/2021).

“Sementara untuk nara sumber yang hadir diantaranya adalah bapak Johansyah dari akademisi, Supardi dari advokat dan Muhiddin selaku Ketua Forum Kebangsaan Kukar” kata Elly Hartati Rasyid.

Elly Hartati yang merupakan politikus PDI-P mengatakan kalau antusias masyarakat untuk ikut dalam acara sosialisasi ini sangat tinggi. Para peserta menyimak dengan serius pemaparan pemaparan yang disampaikan para narasumber.

Keberadaan Peraturan Daerah terkait dengan penyelenggaraan bantuan hukum tentu menjadi angin segar bagi masyarakat kecil, masyarakat miskin, karena dengan aturan tersebut pemerintah hadir, memenuhi pemberian bantuan hukum bagi setiap orang yang tidak mampu yang tersangkut masalah hukum.

“Dan bantuan hukum dari pemerintah itu diberikan secara gratis ke masyarakat tidak mampu,” ujarnya.

Oleh karenanya, sosialisasi ke masyarakat sangat penting dilakukan dengan harapan dengan sosialisasi tersebut masyarakat akan tahu dan paham terkait dengan hak hak mereka untuk mendapatkan bantuan hukum jikamana tersangkut masalah hukum.

Sementara dari Forum Kebangsaan Kukar Muhiddin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi penyelenggaraan bantuan hukum ke masyarakat, yang dilakukan Anggota DPRD Kaltim Elly Hartati.

Dengan adanya aturan terkait bantuan hukum, masyarakat miskin atau kurang mampu yang selama ini susah mendapatkan keadilan hukum, bisa mendapatkan bantuan hukum secara Cuma Cuma atau gratis.(adv/awi)