Polres Berau Berduka, Aiptu Joko Purnomo Gugur Saat Bertugas

img

(Salah satu personil Polres Berau Aiptu Joko Purnomo gugur saat menjalankan tugas)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TANJUNG REDEB- Keluarga Besar Polres Berau berduka, gugurnya salah satu personil  saat menjalankan tugas yakni  Aiptu Joko Purnomo Kanit Gakkum Satpolairud Polres Berau.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo menuturkan, Joko meninggal dunia saat melaksanakan patroli perairan dan mengalami kecelakaan air di sekitar Sungai Sukan, Kecamatan Sambaliung, pada Rabu 26 Mei 2021 sekira pukul 00.10 wita.

Kronologis kejadian Korban bersama 3 anggota lainnya pada saat itu menemukan tugboat yang tampak mencurigakan. Kemudian melakukan pengecekan serta pemeriksaan terhadap tugboat tersebut, pada Kamis 27 Mei 2021.

“Pengecekan itu dilakukan lantaran banyaknya laporan masyarakat tentang adanya tindak pidana illegal oil, illegal fishing dan narkoba di wilayah perairan Sungai Sukan,” tambahnya.

Nahas saat hendak kembali menuju speed patrol, ia terpeleset saat membenahi life jacket (jaket keselamatan) miliknya, lalu jatuh ke sungai. Tiga anggotanya yang melihat hal tersebut segera melakukan pertolongan pertama, yakni dengan melempar ring buoy (ban pelampung). Namun Joko tak bisa meraih pelampung dan tenggelam.

Kendatipun pencarian langsung dilakukan malam itu juga yakni Personel Polres Berau dipimpin langsung oleh Kapolres dibantu oleh TNI, BPBD Berau, KUPP dan masyarakat sekitar segera melakukan pencarian di sekitar lokasi tenggelamnya korban.

“Pencarian akhirnya membuahkan hasil, pada Kamis 27 Mei 2021 pukul 09.05 wita, korban berhasil ditemukan di perairan Sungai Sukan, kurang lebih 50 meter dari lokasi awal korban tenggelam,”ujarnya.

Masih menurutnya, korban segera dievakuasi dan dibawa ke RSUD dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb untuk di visum.Setelahnya jenazah dibawa ke rumah duka. Kemudian dimakamkan pada pukul 15.30 wita di Taman Pemakaman Umum Tanjung Redeb.

“Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu pencarian almarhum. Semoga apa yang telah rekan-rekan tim pencarian lakukan dapat menjadikan lading amal ibadah,” tuturnya.

Kapolres Berau juga mewakili seluruh keluarga besar Polres Berau mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kembalinya Almarhum Aiptu Joko Purnomo ke Rahmatullah.“Semoga beliau meninggal dalam keadaan syahid dan ditempatkan di surga, amiin,” tutupnya. (sep)