Siapkan Santunan Kematian, Dinas Sosial Kukar Lakukan Pendataan

img

(Didi Ramyadi)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Sosial Kukar akan melakukan pendataan warga Kutai Kartanegara yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Pendataan tersebut dilakukan menindaklanjuti intruksi pemerintah provinsi, agar Dinas Sosial Kabupaten/Kota mendata warga yang meninggal dunia karena Covid-19, pasalnya pemerintah provinsi akan memberikan santunan senilai Rp10 juta untuk ahli warisnya.

Kepala Dinas Sosial Kukar Didi Ramyadi menyebut, bahwa untuk tahun ini proses pendataan warga yang meninggal karena Covid akan dilakukan.

“Untuk 2021 ini kita belum tahu, berapa jumlah warga yang meninggal akibat Covid, nanti akan kita data dan kita usulkan ke Pemprov untuk mendapatkan santunan kematian,” kata Didi Ramyadi, Rabu (4/8/2021).

Ia juga menyebutkan, pada 2020 lalu ada program santunan kematian, namun santunan tersebut dari Kementerian Sosial,hanya saja santunan dari Kementerian Sosial tidak terlaksana,maka dari itu Gubernur Kaltim mempunyai inisiatif untuk memberikan santunan terhadap warganya yang meninggal dunia karena Covid-19. "Santunan tersebut akan diberikan kepada ahli warisnya" sebutnya.

Lanjut dia, di Kukar ada sekitar 100 orang yang akan menerima santunan tersebut, data tersebut merupakan data pada 2020 lalu yang akan diusulkan ke Kementerian Sosial, dan saat ini diusulkan ke Provinsi Kaltim.

"Kalau data sudah siap, karena data dari Dinas Kesehatan Kukar, untuk data 2021 belum bisa diusulkan, dan akan dilakukan pendataan," tutupnya.(*riz/adv)