Desa Teluk Muda Gelar Musrenbangdes, Usulkan Semenisasi Hingga Pengembangan Lahan Pertanian

img

(Musrenbangdes Teluk Muda Kecamatan Kenohan Kukar)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), menjadi momen penting bagi pemerintahan desa untuk merumuskan rencana pembangunan tahun berikutnya yakni 2022. Seperti halnya yang dilakukan Pemdes (Pemerintah Desa) Teluk Muda Kecamatan Kenohan Kutai Kartanegara.

Rabu (4/8/2021), Pemdes Teluk Muda menggelar Musrebangdes yang dilaksanakan di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU), dan dihadiri Camat Kenohan Lukman Budiono, Kepala Desa Teluk Muda Aladin, Pendamping Desa Heru Kristanto, BPMPD, BPD dan seluruh Ketua RT Desa Teluk Muda.

Menurut Kepala Desa Teluk Muda Alidin, hasil Musrenbangdes tersebut menghasilkan beberapa usulan yang telah disepakati bersama, yakni terkait dengan pembangunan fisik berupa semenisasi jalan dan jembatan, hingga terkait dengan pengembangan lahan pertanian.

“Beberapa prioritas pembangunan yang menjadi usulan masyarakat diantaranya adalah seminisasi, kemudian pembukaan lahan pertanian. Usulan usulan pembangunan yang memerlukan anggaran besar, kita usulkan masuk dalam APBD Kukar, maupun ke Provinsi, kalau yang kecil dan bisa di caver anggaran dan desa maka kita masukkan di ADD,” kata Alidin.

Sementara itu Camat Kenohan Lukman Budiono yang turut menghadiri Musrenbangdes Teluk Muda menyatakan, menyambut positif dilaksanakannya Musrenbangdes. Musrenbangdes sangat penting dilakukan untuk bisa mengetahui prioritas pembangunan yang diusulkan desa.

”Di Kecamatan Kenohan hampir semua desa sudah melaksanakan Musrenbangdes,” katanya.

Dikatakan Lukman, bahwa dalam Musrenbangdes Teluk Muda ada tiga poin sasaran prioritas pembangunan, yakni terkait dengan fisik, peningkatan SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat.

”Kita berharap apa yang menjadi usulan dan harapan masyarakat bisa terakomodir di 2022 nanti,” tegasnya.(adv)