Dispora Kukar Upayakan Aset Olah Raga Sebagai Pemasok PAD

img

TENGGARONG, Tahun ini, tepatnya tahun anggaran 2017 Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Awang Ilham berupaya bukan hanya sebagai pengguna belanja keuangan daerah. Namun secara maksimal akan mendukung pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Dimana menurut penegasannya, dengan didampingi Sekretaris Hero S. Bahwa pada tahun 2016 lalu, tercatat pemasukan PAD melalui pengelolaan aset olah raga mencapai Rp. 319 juta. Untuk tahun ini, 2017 diharapkan penerimaan dari aset olah raga bisa meningkat.
"Ada banyak aset olah raga yang bisa menjadi sumber pemasukan PAD. Karena bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Diantaranya kolam renang, asrama altet dan seterusnya," tuturnya.
Termasuk disinggung peran pengelolaan dari aset-aset olah raga baik yang ada di kawasan komplek olah raga Aji Imbut maupun Komplek Olah Raga di Stadion Rondong Demang. Pengelolaannyabukan hanya menjadi obyek olah raga prestasi namun diharapkan bisa menjadi wahana rekreatif bagi masyarakat. Seperti komplek olah raga yang ada di Samarinda.
"Seperti aset dikawasan Stadion Rondong Demang, baik lapangan parkir dan laiinya bisa dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menunjang prospektif perekonomian bagi masyarakat. Dalam hal ini dengan melibatkan unsur pemuda. Dimana hal ini sesuai dengan program di RPJMD dimana Dispora memiliki dua fungsi. Pertama pemberdayaan potensi pemuda., lantas Kedua pengembangan prestasi olah raga," tukasnya.
Bahkan untuk pengelolaan aset olah raga Stadion Aji Imbut Tenggarong, sudah ada klausul perencanaan. Dimana nantinya Stadion Aji Imbut akan dijadikan Base Camp klub sepak bola profesional kebanggaan masyarakat Kutai Kartanegara yakni Mitra Kukar. Sehingga akan ada penawaran kerjasama jika manajemen Mitra Kukar melalui sistem sewa. Khususnya pada saat Mitra Kukar melaksanakan pertadingan Home ketika Liga Nasional bergulir .
"Soal klausul kerjasamanya, akan dilakukan seperti yang sudah ada. Dimana Manajemen Mitra Kukar akan menyewa ketika bertanding Home. Dimana untuk masalah tiket dan lain sebagainya dalam program kegiatannya, diserahkan kepada manajemen Mitra Kukar. Karena disini Mitra Kukar telah menyewa Stadion Aji Imbut," lanjutnya. (dp/poskotakaltimnews.com)