Sikapi Jalan-Jembatan Rusak di Muara Muntai, Sekretaris Dishub Angkat Bicara

img

TENGGARONG- Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Kartanegara Ismi Nurul Huda, angkat bicara menyikapi sorotan Himpunan Warga Muara Muntai (HWM) terkait kondisi jalan dan jembatan terancam rusak diwilayah Muara Muntai, akibat seringnya truk perusahaan sawit melintas dengan beban yang sangat berat.

 

Pihaknya tak mau disebut berdiam diri dan menutup mata atas seringnya sejumlah truk perusahan perkebunan yang melintas dijalan dikecamatan tersebut.

 

“Pekan lalu, saya bersama teman teman di Dishub turun langsung ke lapangan di Muara Muntai, melakukan croscek jalan yang diduga rusak akibat dilintas truk bermuatan CPO (crude palm oil ) milik PT Green Eagle Grup,” beber Ismi.

 

Lanjut Ismi, pihak sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU, menanyakan berapa standar beban muatan kendaraan untuk melintas dijalan penghubung Desa Kayu Batu-Kuyung Muara Muntai,diakui bahwa truk yang bermuatan CPO tersebut melebihi kapasitas. Idealnya kapasitas hanya 8 ton, namun dimuati sampai lebih 11 ton.

 

Menurut Ismi, Dishub Kukar dalam waktu dekat ini  akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan terkait perawatan jalan tersebut. “Ini jalan pemerintah, jika ada kerusakan akibat aktivitas perusahaan, maka perusahaan itu harus bertanggungjawab untuk memperbaikinya,” kata Ismi.(awi-poskotakaltimnews.com)