Muhammad Samsun Sambut Baik Wacana Revisi Pergub 49/2020 Oleh Gubernur Kaltim

img

Muhammad Samsun

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, SAMARINDA-Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Fraksi PDI Perjuangan Muhammad Samsun menyambut baik keputusan Pemerintah Daerah untuk merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 49 Tahun 2020.

Menurutnya, ini kabar baik dari Gubernur Isran Noor. Pasalnya, sudah lama anggota dewan mengusulkan agar Pergub tersebut direvisi. "Ini kabar baik bagi kita semua, dan Insha Allah Pergub Nomor 49 Tahun 2020 akan direvisi," ungkap Muhammad Samsun, Senin (17/4/2023).

Dengan direvisinya Pergub 49 Tahun 2020 ini, pria kelahiran Jember tersebut tetap optimis jika nantinya serapan anggaran Pemerintah Provinsi Kaltim tetap maksimal. "Karena itu kan rata-rata bantuan keuangan (bankeu)," jelasnya, di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim jalan Teuku Umar, Kota Samarinda. 

Bankeu dari Pemerintah Provinsi Kaltim kata Muhammad Samsun, akan diserahkan kepada kabupaten/kota se-Kaltim. Itu artinya, mereka lah yang akan mengelolanya. Sehingga, serapan anggaran akan tetap maksimal.

"Mereka (pemerintah kabupaten/kota) yang akan mengelola bankeu. Sepengetahuan saya untuk bankeu ini, sebelum adanya Pergub Nomor 49 Tahun 2020 juga terserap dengan baik," paparnya.

Maka itu tak perlu khawatir terhadap serapan anggaran, karena serapan anggaran akan tetap terlaksana dengan maksimal. Intinya, ia menjamin tidak ada bankeu Provinsi Kaltim yang tidak terserap.

"Sehingga jika bicara soal efisiensi, barangkali terjadi karena efisiensi pada project-project atau kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kaltim. Tapi untuk kabupaten/kota, semua dipastikan terserap," katanya.

"Terserap bukan berarti tidak efisien, namun terserap disini artinya optimal. Kalau efisiensi berarti ada penurunan atau pengurangan biaya. Itu namanya efisiensi. Saya pikir untuk bankeu yang sifatnya usulan masyarakat dibawah Rp200 juta itu terserap, optimal dan efisien," sambungnya.

Sebelumnya saat memberi sambutan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2024. Gubernur Isran Noor memberi perhatian besar atas usulan untuk merevisi Pergub Nomor 49 Tahun 2020.

"Sebenarnya dari tadi saya ini menyimak apa yang disampaikan, katanya minta agar dapat merubah Pergub Nomor 49 Tahun 2020. Saya pikir bisa dipertimbangkan, karena usulannya jelas di forum Musrenbang. Akan tetapi kalau usulannya diluar resmi, ora bisa ditanggapi. Kalau ini resmi, thats right, saya suka, bagus. Segera kita lakukan revisi," tegasnya.

Orang nomor satu di Benua Etam ini berharap agar pihaknya bisa melakukan perubahan terhadap Pergub Nomor 49 Tahun 2020 secepatnya. "Melakukan revisi atau evaluasi itu merupakan hal yang wajar, kita lakukan evaluasi hal-hal yang memang pantas kita lakukan evaluasi," terangnya.(ADV)