Dewan Minta Perhatian Khusus Terhadap Kampung Berstatus Tertinggal

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TANJUNG REDEB : Dari 100 Kampung yang ada di Kabupaten Berau, tercatat ada 1 Kampung dengan status Kampung Tertinggal, yakni Kampung Mapulu Kecamatan Kelay.  Berdasarkan IDM 2022 lalu dan menjadi salah satu dari 17 kampung berstatus Tertinggal di Kalimantan Timur.

Wakil Rakyat Bumi Batiwakkal mengharapkan perhatian Pemkab Berau agar dapat meningkatkan status Kampung tertinggal itu kedepannya. “Sesuai visi dan misi membangun dari pinggiran, seharusnya tidak ada lagi Kampung yang tertinggal. Kalaupun masih ada harus menjadi perhatian penangannya di lapangan,” jelas Anggota Komisi I bidang Pemerintahan, Feri Kombong di Kantor Dewan Jalan Gatot Subroto Kelurahan Bedungun.

Walaupun masih ada 1 Kampung berstatus tertinggal, tambah Feri Kombong, namun kenyatannya hampir seluruh Kampung di Bumi Batiwakal Berau banyak kemajuan disegala bidang. Bahkan 2 tahun terakhir ini, Berau meraih Juara 1 lomba Kampung Tingkat Nasional.

“Kami yakin bila diberikan perhatian khusus, Berau kedepan dipastikan tidak akan ada lagi kampung tertinggal,” jeas Feri lagi.

Sementara itu ditempat terpisah, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, mengatakan Pemkab Berau sudah berupaya memprogramkan dan memprioritaskan dalam anggaran masing-masing OPD pada APBD-P 2023 untuk percepatan pemenuhan sarana prasarana dasar masyarakat Mapulu. Terutama dalam aspek pendidikan, kesehatan, jalan permukiman, Jembatan Bailey, jaringan air bersih, serta ketersediaan aliran listrik yang memadai.

Selain dukungan pembangunan fisik, Pemkab Berau juga terus melakukan pendampingan dan pemberdayaan SDM, berkaitan dengan potensi yang ada di Kampung Mapulu.

“Dukungan optimal ini, kami harap Kampung Mapulu bisa lebih cepat bangkit, membawa kemajuan Kampungnya,” ungkap Bupati Sri Juniarsih Mas .

Disampaikannya lagi, saat ini dari 100 kampung yang ada di Kabupaten Berau ada sebanyak 17 kampung yang sudah berstatus mandiri. 31 Kampung berstatus maju, 43 Kampung berstatus berkembang dan satu Kampung berstatus tertinggal.

“Mendukung percepatan pembangunannya tentu ini juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Saya mengajak kepada saudara sekalian untuk senantiasa, pemerintah daerah bersama-sama kita tuntaskan persoalan yang dihadapi Kampung tersebut,” tukasnya. (sep/advertorial)