Bila Dikelola Dengan Tepat, Eks Tambang Bisa Bawa Manfaat untuk Masyarakat

img

Ilustrasi eks lubang tambang ( foto: ist)


POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR : Lubang eks tambang dinilai dapat memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat, apabila hal itu dikelola dan ditata dengan tepat.

 

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar Sy. Vanesa Vilna melalui Kabid Ekonomi Bappeda Bagus Eko Sampurno mengatakan, lubang eks tambang dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dan pengairan areal pertanian.

 

"Memang lubang eks tambang ada sisi positif dan buruknya. Kalau positifnya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," kata Bagus Eko Sampurno pada Poskotakaltimnews, Rabu (29/11/2023).

 

Namun dari lubang eks tambang itu, pemerintah daerah tidak merekomendasikan untuk lokasi perikanan. Karena tidak baik untuk kesehatan.

 

"Karena air di lubang eks tambang dengan kedalaman lebih 1 meter itu tidak ada oksigennya,” sebutnya.

 

Pemerintah daerah bersama akademisi juga pernah melakukan penelitian, terhadap lubang eks tambang di Kukar. Dari hasil penelitian tersebut, memang tidak direkomendasikan untuk lokasi perikanan.

 

"Belum lama ini juga, Univerditas Gajah Mada (UGM) menyebutkan, bahwa lubang eks tambang tidak baik untuk perikanan," ungkapnya.

 

Dirinya juga menghimbau kepada pihak perusahaan yang beroperasi di Kukar, agar dapat mereklamasi lubang eks tambang sesuai dengan aturan yang ada.

"Kebanyakan pihak perusahaan mengalihkan tanggung jawabnya dengan memberikan bantuan, untuk pemanfaatan lubang tersebut. Dan ini menjadi dilema buat kita," tandasnya. (adv/riz).