Komisi III DPRD Bontang Kawal Usulan Penambahan Armada Damkar Senilai Rp 11,2 Miliar

img

Ketua Komisi 3 DPRD Bontang Amir Tosina

 

BONTANG, Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina, akan mengawal usulan penambahan armada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rp. 11,2 miliar. Untuk mengantisipasi kekurangan armada jika terjadi musibah kebakaran.

“Kita sudah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Damkar beberapa waktu lalu. Intinya kami akan kawal usulan mereka terkait  penambahan armada Damkar,” kata Amir Rabu, 13/10

Menurut politisi Gerindra ini,  sebagai Garda terdepan  penanganan dan penanggulangan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran perlu untuk penambahan armada untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Seperti kita ketahui Kebakaran pada 14/10 kemarin meludeskan sejumlah pemukiman warga di atas laut. Ini perhatian kita bersama. Untuk mengantisipasi hal itu perlu armada sesuai usulan pihak Damkar," Ujarnya.

Berdasarkan keterangan warga, pihak damkar sangat kesulitan untuk memadamkan api karena kekurangan armada dan minimnya peralatan sarana.

"Intinya kami sangat respon terhadap permintaan Dinas Damkar.  Insyaallah pengadaan armada pemadam kebakaran akan kami lengkapi dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Lurah Bontang Kuala, Roni Apriansyah mengatakan, musibah kebakaran yang terjadi pada Selasa (13/10 sekira pukul 19.38 Wita.

Insiden kebakaran baru bisa dipadamkan setelah 30 menit berlalu. Mengingat akses ke lokasi kebakaran sulit dijangkau unit Damkar.

“Ini yang menjadi kendala. Padahal lokasi kantor  Damkar cukup dekat dengan Tempat Kejadian Perkara hanya sekitar 500 meter. Namun sulitnya medan dan kekurangan selang, membuat mereka  harus berjibaku dengan peralatan seadanya sehingga  memerlukan waktu sekitar 30 menit,” kata Roni.

Berdasarkan data diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang terdapat 7 pemukiman warga sementara jumlah korban sebanyak 21 kepala keluarga (KK) dengan 59 jiwa.

“Berdasarkan data yang kami dapat dari BPBD Bontang, terdapat tujuh pemukiman warga yang ludes dilalap api,” ungkap Roni.

Ia mengapresiasi  kepedulian para legislator khususnya  Fraksi Partai Gerindra yang responsif   kepedulian tinggi terhadap warga.

“Kami  berterima kasih atas bantuan yang diberikan Partai Gerindra. Amanah ini akan kami sampaikan sore ini kepada warga yang terdampak musibah kebakaran,” kata Roni.(wan)