Polres Kukar Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli

img

TENGGARONG, Team Saber Pungli Polres Kukar melakukan Sosialisasi pencegahan Pungli di Lingkunga UPTD Pendidikan Kecamatan Tenggarong Seberang, yang di laksanakan di Kantor Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (14/2/2017).

Menurut Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Paur Subbag Humas, IPTU Sabar, sosialisasi tersebut di pimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres  Kukar AKP Eko Achnanto yang mewakili tim Saber Pungli Kabupaten Kukar dan juga di hadiri oleh Irban 3 oleh Drs Abdul Syukur, Inspektoran oleh Polo, S.Hut, Kepala UPTD Kecamatan Tenggrong Seberang, KPPS serta rombongan serta Seluruh Kepala Sekolah SDN Kecamatan Tenggarong Seberang dan Bhabinkamtibmas Desa Manunggal Jaya.

Dalam acara itu AKP Eko Achnanto mengatakan mulai saat ini jangan sekali - kali melakukan pungutan apa saja yang sifatnya tidak resmi yang dapat berakibat atau berurusan pada pihak yang berwajib, apalagi diera sekarang ini dari Pimpinan tertinggi sudah sering menyampaikan baik di media Elektronik maupun media Sosial dan diberbagai pertemuan sering disampaikan sudah tidak ada pungutan liar.

Selain itu di hari yang sama tepatnya diruang rapat Makapolsek Muara Kaman juga telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan terhadap para manajeman perusahaan pelaku usaha perkebunan serta pertambangan dan HTI diwilayah Kecamayan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Muara Kaman AKP. TM Panjaitan dan di hadiri oleh Danramil Muara Kaman Kapten Infantri Asep Supriyatna, dari PT. Bayan Resources Romi Yamus, Korem 091 /ASN, serta dihadiri oleh perwakilan masing-masing PT yakni PT MKH, PT PMM, PT TJA, PT CAP / PT TPG, PT SRH / PT SHJ, PT SRH / PT SHJ, PT ATK, PT AEK, PT KBA, PT SKL dan juga PT Hamparan Sentosa.

“Kegiatan sosialisasi  dilaksanakan guna persiapan awal pencegahan dan pengendalian kabakaran hutan dan lahan ditahun 2017, dengan tujuan mempercepat koordinasi seluruh unsur terkait baik Polri, TNI, dengan pihak perusahaan untuk mempersiapkan kebutuhan sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan." Terang Sabar.

Sementara Kapolsek Muara Kaman AKP TM Panjaitan menyampaikan bahwa Sosialisasi dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan diwilayah Kecamatan Muara Kaman, Polri  sangat mengantensi terjadi kebakaran hutan,  wilayah Kacamatan Muara Kaman yang sangat berpontensi terjadinya kebakaran dapat dilihat dari tren dari tahun ke tahun. "Untuk ditahun 2016 saja terdapat 11 Haktar hotspots dengan 2 kasus dan 5 orang pelaku yang diproses. Kebakaran hutan untuk tahun 2017 diprediksi akan mengalami peningkatan dari tahun 2016." Paparnya.

Selain itu juga perlunya persiapan dan kesiapan semua pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang mana baru beberpa Perusahaan yang memiliki pemadam kebakaran yakni PT HTI, PT SHJ serta PT. Hamparan Sentosa dan PT. Maju Kalimantan Hadapan.

"Diharapkan agar perusahaan yang lain dapat mempersiapkan kebutuhan sarana dan prasana serta Perusahaan diwajibkan membuat atau mendirikan tower pantau dengan tinggi 20 meter, membuat Kanalisasi, posko Kabakaran hutan dan lahan di tingkat Desa, dan sosialisasi ke masyarakat." ungkapnya.(dra/poskotakaltimnesw.com)