Perpanjangan Pendaftaran Bapaslon Ditunda

img

(Erlyando Saputra)


TENGGARONG, KPU Kutai Kartanegara menunda proses perpanjangan pendaftaran Bapaslon (Bakal Pasangan Calon) Bupati-Wakil Bupati pada Pilkada Kukar 9 Desember 2020.

Penundaan perpanjangan pendaftaraan itu disampaikan Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra, Senin (7/9/2020) di Sekrtetariat KPU Kukar.

“Kita masih akan rapat dulu. Proses perpanjangan ditunda, termasuk tes kesehatan kan juga ditunda,” kata Nando panggilan akrab Erlyando Saputra.

Dikatakan Nando, sampai batas akhir pendaftaran Paslon pada Minggu (6/9/2020) kemarin, hanya ada satu paslon yang dinyatakan memenuhi syarat yakni pasangan Edi Damansyah-Rendi Solihin, sementara pasangan calon Awang Yacoub Luthman-Suko Buono dinyatakan tak lengkap.“Syarat pencalonan pasangan Awang-Suko tidak lengkap sehingga tak memenuhi syarat,” kata Nando.

Untuk diketahui, bahwa Paslon Edi Damansyah-Rendi Solihin mendaftar ke KPU pada hari pertama dibukanya pendaftaraan yakni Jumat (4/9/2020), Edi-Rendi didukung dan diusung 9 partai politik. Kemudian selang beberapa jam kemudian, yakni sekitar pukul 15.00 Paslon Awang Yacoub Luthman (AYL)-Suko Buono yang diakui mendapat dukungan dari PAN-PKB, mendatangi KPU untuk mendaftarkan diri di Pilkada Kukar 2020.

Dalam proses pengecekan berkas KPU, dinyatakan belum lengkap dan dikembalikan kepada Pasangan Calon .

Dihari terakhir pendaftaran yakni Minggu (6/9/2020), pasangan AYL-Suko kembali mendatangi KPU dengan diiringi ratusan pendukungnya. Dalam proses penyerahan berkas, sebagai salah satu ketentuannya adalah ketua dan sekretaris harus hadir di KPU, maka AYL-Suko hingga sore hari (Minggu-6/9/2020) menunggu kedatangan ketua PAN Kukar dan sekretarisnya namun tak kunjung datang.

Sampai batas akhir pendaftaraan pukul 24.00 Wita, penetapan paslon yang mendaftar ke KPU hanya satu paslon yakni pasangan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.(awi/poskotakaltimnews.com)