UMKM Perlu Perhatian Pemerintah, Dewan Kukar Dukung Program Pinjaman Tanpa Bunga

img

(Firnadi Ikhsan bersama Budiman saat melihat penjual oleh oleh khas Muara Muntai)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono bersama Komisi II DPRD Kukar melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Muntai, Kamis (2/9/2021).

Pada kesempatan kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Muntai tepatnya di Desa Muara Muntai Ulu rombongan Komisi II yang membidangi ekonomi keuangan melihat geliat ekonomi warga di sektor UMKM di masa pandemi.

Salah satu nya adalah usaha penjualan oleh oleh khas berupa krupuk ikan pada Kelompok UKM Muara Muntai yang saat ini  meminjam tempat di sekretariat PKK Kecamatan Muara Muntai.

Omzet Penjualan turun drastis selama pandemi. Selama ini ramai di kunjungi pendatang yang tidak lain dari warga Muara Muntai yang menetap di luar serta wisatawan yang biasanya setiap hari ada saja yang mampir membeli oleh- oleh,  tetapi setelah pandemi ini  jauh menurun.

Kondisi ini masih lebih baik di karenakan jenis dagangan termasuk tahan lama dibanding pedagang kaki lima lainnya yang menjual makanan mungkin akan lebih terasa lagi.

Menyikapi kondisi ini Anggota Komisi II DPRD Kukar Budiman membesarkan hati, pengelola UMKM untuk tetap mempertahankan usaha karena memang kondisi di alami merata di semua wilayah Kukar terkait masa Pandemi ini dengan harapan semoga pandemi segera berlalu.

Pemerintah daerah sendiri tidak tinggal diam dalam upaya pemulihan ekonomi dimasa pandemi sejalan dengan pemerintah pusat.

Program Kredit Kukar Idaman yang memfasilitasi pinjaman tanpa bunga adalah salah satu program yang semoga bisa di manfaatkan dan menyentuh para pelaku usaha kecil mikro dan PKL .

Program ini akan segera di gulirkan mulai akhir tahun ini ungkap Firnadi Ikhsan Anggota Komisi II lainnya.

Hal ini sudah mendapatkan dukungan penuh DPRD untuk bisa dilaksanakan Bupati dalam waktu dekat ini melalui Bankaltimtara.(awi/adv)